Integrasi Menu utama Netbeans dengan Unity Global Menu | Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP
Home » , , , » Integrasi Menu utama Netbeans dengan Unity Global Menu

Integrasi Menu utama Netbeans dengan Unity Global Menu

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Selasa, 30 April 2013 - Diupdate Pada: 4/30/2013

Bagi pengguna Ubuntu khususnya Ubuntu 11.04 ke atas (yang sudah menggunakan unity baik sebagai plugins maupun sebagai desktop environment) tentu sudah tidak asing dengan yang namanya Global Menu. Global menu memungkinkan menu yang ada pada aplikasi kita menghilang dan akan muncul pada panel atas dari desktop ubuntu kita. berikut contoh global menu untuk aplikasi firefox.

Global menu Firefox
Sebagai java developer,  saat menggunakan netbeans, koq menu netbeans nya tidak hilang dan masih tetap "nempel" pada netbeans?. Hal ini disebabkan karena netbeans belum support Global Menu. Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana supaya menu netbeans bisa support global menu? trus apa keuntungannya?

Menu Netbeans bisa di integrasikan dengan Global Menunya Ubuntu, ada library atau plugins untuk netbeans yang memungkinkan Menu utama netbeans terintegrasi dengan global menunya ubuntu. Namanya adalah "java-swing-ayatana". Silahkan kunjungi website projectnya disini. Keuntungannya adalah dengan pindahnya menu pada tampilan netbeans, otomatis akan menyediakan "ruang" kerja yang lebih luas lagi. oke ini perbandingannya:

Dengan Menu Utama:

Tanpa Menu utama:

Oke, sekarang lanjut dengan cara mengintegrasikan menu netbeans dengan global menunya ubuntu.

Langkah pertama:
Download plugins ayatana untuk netbeans. klik disini untuk menuju halaman download ayatana. Download file dengan tipe .nbm yang terbaru (saat artikel ini ditulis versi yang terbaru adalah versi: 1.2.3.1). tunggu sampai selesai (tidak lama, ukuran filenya cukup kecil).

Langka kedua:
Buka NetBeans dan klik pada menu Tools->Plugin. Pada dialog Plugins, bukalah tab Downloaded kemudian klik pada tombol Add Plugins dan arahkan ke file *.nbm yang telah kita download tadi. Berikut tampilannya:

Langkah ketiga:
Klik tombol Install untuk mulai proses installasi plugins, memerlukan beberapa detik, jika proses sudah selesai silahkan reboot NetBeans. Setelah terbuka lagi, maka NetBeans sudah mendukung Global Menu. Berikut tampilannya:


Selesai, selamat sekarang netbeansnya sudah support Global menu.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel



 
Support : Admin
Copyright © 2013. Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger