Menginstall Java Oracle (SUN) 7.xx di Ubuntu | Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP
Home » , , , , , » Menginstall Java Oracle (SUN) 7.xx di Ubuntu

Menginstall Java Oracle (SUN) 7.xx di Ubuntu

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Kamis, 25 April 2013 - Diupdate Pada: 4/25/2013

Apakah teman-teman menggunakan linux khususnya ubuntu dalam melakukan proses pemograman? jika ya mungkin artikel berikut bisa sedikit bermanfaat. bagi sebagian programer (terutama yang sebelumnya terbiasa menggunakan windows) meungkin mengira bahwa java yang kita installkan via terminal di ubuntu sama saja dengan halnya yang biasa diinstallkan di windows.

Sebenarnya, secara default, ubuntu menggunakan OpenJDK untuk menjalankan java ataupun untuk melakukan pemograman java (koreksi jika saya salah). Hal ini disebabkan karena Oracle JDK7 tidak di-host di PPA karena tidak diperbolehkan oleh lisensi Java yang baru (yang juga menjadi salah satu alasan mengapa java jdk dihapus dari repositori resmi Ubuntu). 

Namun terkadang kita perlu untuk menginstalkan Java JDK yang dikembangkan oleh Oracle (sebelumnya dikelola oleh SUN Microsystems). Entah apapun alasannya, terkadang memang kita perlu mengintallkan Java Oracle terbaru.

Ada beberapa cara untuk menginstallkan Java Oracle, temen-temen bisa men-download file Java Oracle terbaru di situs resminya. silahkan klik disini. caranyapun sudah disediakan. namun menginstalkan file dengan tipe .tar.gz atau tipe .rpm cukup memusingkan menurut saya hehe. 

Berikut ini ada cara yang mudah untuk menginstalkan Java Oracle terbaru. yang dibutuhkan adalah koneksi internet. Sebelumnya cara ini bisa dilakukan dengan cara menjalankan paket dalam PPA (PPA webupd8team) akan secara otomatis men-download (dan menginstal) Oracle Java JDK 7 yang diambil dari situs resmi dan menginstalnya pada komputer temen-temen, seperti saat kita menginstallkan flashplugin. Oke langsung saja. 

Mulai dengan Bismillah, trus pastikan koneksi Internetnya lancar dan cukup bandwithnya :p. buka terminal dan ketikan:

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt-get update
sudo apt-get install oracle-java7-installer

Jalankan perbaris, fungsinya adalah untuk menambahkan repositori webupd8team/java kedalam daftar sumber ubuntu yang kita miliki. Akan muncul layar lisensi, 



klik accept saja, kemudian tekan enter. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Kalau sudah selesai, coba test apakah Java Oraclenya sudah terinstall di komputer kita dengan mengetikan:
java -version

berikut hasilnya:


Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel



 
Support : Admin
Copyright © 2013. Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger