Menampilkan Data di JTable adalah Mimpi Buruk, Benarkah??? | Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP
Home » , , , , , » Menampilkan Data di JTable adalah Mimpi Buruk, Benarkah???

Menampilkan Data di JTable adalah Mimpi Buruk, Benarkah???

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Selasa, 14 Januari 2014 - Diupdate Pada: 1/14/2014

Salah satu komponen Swing yang paling sering kita gunakan dalm membuat sebuah aplikasi (terutama aplikasi database), adalah JTable milik Swing. Komponen yang sangat penting ini, memiliki kemampuan yang luas. baik dari segi tampilan/interface ataupun dari segi data yang ada didalammnya.

Bagi sebagian orang, menggunakan JTable merupakan mimpi buruk. kesan pertama yang di berikan saat menggunakan mengggunakan Jtable itu Rumit, tidak semudah menggunakan table milik delhpi atau VB.

Mitos diatas tidak sepenuhnya benar, menurut saya, Penggunaannya cukup simple koq, gak percaya ???? Ok klo begitu baca terus supaya percaya.

Sedikit pemberitahuan :):
Jtable hanya berfungsi sebagai Viewer data. artinya data yang sebenarnya tidak disimpan didalam JTable melainkan dalam TableModel. jadi salah klo mengira data yang kita inputkan kedalam JTable disimpan di Jtable.

dengan begitu untuk merubah, menambah, mengambil nilai yang ada di dalam JTable yang diperlukan adalah mengubah TableModel nya saja.

Ilustrasi:
Tips dan Trik, Tutorial, Java Swing, Java - intermediate, Java - Konsep

Saran:
Sekedar saran (tanpa bermaksud menggurui), kalo kita akan menggunakan JTable, terutama jika data yang akan kita masukan bersifat dinamis,:
  1. Buat Class tersendiri sebagai TableModel. caranya: buat class baru kemudian extendskan AbstractTableModel lalu implementskan semua Abstract Methodnya.
  2. buat method untuk menambahkan data pada Table Model. misal addDataPegawai(List peg){}, dll.
  3. Supaya temen-temen lebih memahami konsep ini, kayaknya bagus deh kalo temen-temen mempelajari lebih lanjut tentang konsep MVC (model, View, Controller). cari aja deh di mang Google .

Inetnya ga asik jadi Download aja deh Sourcenya trus Acak-acak deh.

Tips dan Trik, Tutorial, Java Swing, Java - intermediate, Java - Konsep

Kodenya berisi tentang Memisahkan TableModel dengan Tablenya, Menginputkan macam2 data kedalam Tabel, Mengambil macam2 data dari JTable, menginputkan data dari tabel ke berbagai komponen swing lainnya. dan yang lainnya
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel



 
Support : Admin
Copyright © 2013. Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger