Stock Opname, Pelajari Teorinya Baru Praktekan | Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP
Home » , , , , , » Stock Opname, Pelajari Teorinya Baru Praktekan

Stock Opname, Pelajari Teorinya Baru Praktekan

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Selasa, 02 Juli 2013 - Diupdate Pada: 7/02/2013

Sebagai seorang developer, atau programmer khususnya baik java maupun php, sering kali kita membuat aplikasi tanpa mengetahui dasar teori yang melandasi pembuatan aplikasi tersebut. sebut saja aplikasi penjualan, aplikasi toko, aplikasi retail, aplikasi absensi, dan aplikasi lainya, jarang sekali kita melakukan penelitian langsung pada objek yang akan menggunakan aplikasi kita, pada akhirnya orang kita hanya membuat berdasarkan contoh aplikasi yang sudah ada.

Gambar dari Google Images
Nah salah satu hal yang penting yang harus di mengerti dalam membuat aplikasi penjualan, retail, atau inventori adalah stock opname. sebeleum membuat aplikasi, ada baiknya kita memahami tentang apa itu stock opname. berikut penjelasan menarik tentang stock opname:

Proses Stock Opname dilakukan sebagai mekanisme kontrol terhadap arus masuk dan keluar barang, dimana dalam proses ini akan dilakukan perhitungan stok secara fisik untuk dicocokkan dengan stok yang tercatat di dalam sistem. Seberapa penting stock opname bagi toko kelontong atau usaha kecil lainnya? Jawabannya SANGAT PENTING.
Ada banyak manfaat dengan dilakukannya stock opname secara periodik dan teratur. Manfaat utama adalah kita jadi mengetahui arus barang dagangan kita yang masuk dan keluar toko. Informasi yang diperoleh dari kegiatan stock opname dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada barang yang hilang atau tidak tercatat selama proses transaksi pada periode tersebut, sehingga bisa diambil tindakan terkait dengan temuan yang terjadi.

Manfaat lain dari stock opname adalah bisa mengetahui kondisi persediaan barang dagangan secara riil. Kondisi persediaan barang yang ada itu baik atau rusak, sudah lewat kadaluwarsa atau belum, barang tersebut masih up to date atau sudah ketinggalan zaman, dan sebagainya. Selain itu semua, salah satu fungsi stock opname adalah untuk mengetahui nilai nominal atau nilai rupiah dari persediaan barang yang ada. Informasi nilai rupiah yang diperoleh dari aktivitas stock opname dibutuhkan untuk menghitung berapa Harga Pokok Penjualan (HPP) selama periode tersebut.

Masalah klasik yang ditemui dalam melakukan stock opname adalah banyaknya item barang yang harus didata dan dihitung. Kendala banyaknya item barang dan lamanya waktu dalam melakukan pendataan untuk stock opname sebenarnya bisa dikompromikan dengan tidak melakukan stock opname terlalu sering. Jika terasa berat dilakukan satu bulan sekali (meskipun secara umum inilah jangka waktu ideal untuk stock opname), lakukan dua bulan sekali atau tiga bulan sekali. Tapi tetap harus dilakukan. Sehingga bagi anda yang melakukan usaha seorang diri tidak merasa keberatan melakukannya.

Rasanya aneh jika kita tidak pernah menengok dan “say hello” kepada barang persediaan dagangan yang ada di toko atau usaha kita, padahal usaha kita sangat tergantung dengan kondisi barang-barang tersebut. Jadi, sebelum terlambat, lakukan stock opname secara periodik untuk usaha anda masing-masing, tidak harus sebulan sekali jika anda kesulitan tenaga dan waktu, dua atau tiga bulan sekali juga boleh, yang penting kondisi barang dagangan anda selalu terkontrol.

Bagaimana cara melakukan Stock Opname??

Umumnya stock opname dilakukan pada periode 1 bulan sekali, namun ada beberapa perusahaan yang melakukannya 3 bulan sampai 12 bulan sekali, semua tergantung kebijakan perusahaan masing-masing.

Hal yang terpenting adalah pada saat anda melaksanakan Stock Opname tidak harus mengganggu kegiatan operasional Gudang, tidak perlu ditutup dan kegiatan dihentikan selama proses stock opname berlangsung, namun anda harus melakukan Metode stock opname yang benar, sebagai berikut:

  1. Siapkan Sarana dan Prasarana penunjang pelaksanaan Stock Opname: label keterangan sudah teropname/ terhitung, kertas kerja perhitungan, papan perhitungan.
  2. Pengumuman akan adanya stock opname sehingga setiap orang dapat memperhatikan.
  3. Penyelesaian pencatatan stock masuk dan stock keluar sampai dengan periode opname.
  4. Kesiapan team opname, terdiri dari pihak penghitung, pihak pencatat dan pihak pemeriksa.

Mekanisme yang digunakan:

  • Pada saat melakukan perhitungan fisik, maka pihak penghitung harus memberikan label pada barang tersebut.
  • Pada saat pengambilan barang/pemasukan barang maka pihak Gudang memberikan label pada barang tersebut, tujuannya adalah pada saat dilakukan Opname oleh pihak penghitung maka pihak penghitung akan memberikan notes bahwa barang tersebut sebelumnya telah diambil.
  • Setiap akhir hari bagian pencatat harus melakukan tarik maju/ tarik mundur sesuai dengan tanggal opname dan tanggal penentuan cut-offnya.

Tindak lanjut hasil opname:

Secara umum hasil opname digunakan untuk adjustment pada saldo Persediaan pada Laporan Posisi Keuangan.
Nah setelah mengerti baru membuat dan merancang aplikasinya, sehingga aplikasi yang dibuat akan benar-benar bisa maksimal.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini.
Share this article :

4 komentar:

  1. Trimakasih sudah berbagi mengenai
    stock opname | salam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  2. Ohh begitu ya boss.
    Terimakasih postingannya..sangat berguna sekali..
    Saya mau belajar lebih banyak lagi tentang stock opname.. bisa?

    BalasHapus

Cari Artikel



 
Support : Admin
Copyright © 2013. Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger