Cara Membuat Project Baru di Netbeans | Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP
Home » , , , » Cara Membuat Project Baru di Netbeans

Cara Membuat Project Baru di Netbeans

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Kamis, 22 Mei 2014 - Diupdate Pada: 5/22/2014

Postingan ini mungkin bagi sebagian orang memang kurang menarik, tapi bagi yang pengen belajar java, terutama yang berniat menggunakan netbeans sebagi IDE, perlu baca deh kayaknya.

Langkah peryama yang harus dilakukan adalah, buka netbeans IDE kemudian untuk membuat project baru lakukan langkah-langkah berikut:
1. pilih menu file-new project, atau bisa langsung pilih pada toolbar icon seperti di bawah ini
Cara Membuat Project Baru di Netbeans

2. setelah itu akan muncul dialog box seperti gambar dibawah ini
Cara Membuat Project Baru di Netbeans

pilih folder general pada bagian kiri kemudian pilih java application, jika kita ingin membuat program java. kemudian klik next.

3. Setelah itu akan muncul dialog box seperti gambar di bawah ini:

Pada project name, isikan nama projectnya, kali ini sayamenggunakan nama kalkulator, (saya akan membuat aplikasi kalkulator menggunakan java).

4. hilangkan ceklis pada Create main Class.
hal ini kita lakukan karena untuk main classnya sebaiknya kita buat dan tentukan nanti. kemudian klik finish

5. lalu tunggu sampai prosesnya selesai. biasanya akan muncul dialog berikut:

6. stelah prosesnya selesai, maka project baru telah dibuat. perhatikan pada panel sebelah kiri pada tab project:

NB. saya menggunakan Netbeans 5.5 pada saat buat ini, tapi pada netbeans yang baru, langkah-langkahnya sama.

Selamat mencoba.....
Share this article :

9 komentar:

  1. Maaf pak,ada dua hal yang ingin saya tanyakan. Dan kalau bapak bersedia, mohon jawabannya dikirim ke-email. Berikut pertanyaannya.
    1. Bagaimana cara menggabungkan 2 project di netbeans ?
    2. Bagaimana cara mengatur posisi jframe, panel dan label di netbeans agar sesuai dengan keinginan kita. Saya lihat contoh yang bapak buat, susunannya rapi sekali. Selama ini saya selalu kesulitan untuk menyusun tampilan program yang akan dibuat untuk tugas2 kuliah. Akhirnya saya hanya buat sesuai dengan tampilan pengaturan netbeans (tidak rapi), dosen selalu menegur..

    Terima kasih pak, selamat beraktifitas..

    BalasHapus
  2. Maaf sebelumnya belum sempat di balas, insya allah dalam postingan berikutnya saja saya jelskan menggunakan layout supaya tampilan java lebih menarik

    BalasHapus
  3. Baik pak, ditunggu ya pak. Trus kalo bs, pertanyaan pertama di jawab jg ya pak. Banyak terima kasih pak, selamat beraktifitas.

    BalasHapus
  4. Untuk Menggabungkan 2 Project Di Netbeans, Caranya cukup Mudah, buka project Pertama, kemudian Klik Kanan Pada Properties Library, Kemudian Add Project. lalu pilih Project yang akan dgabungkan. Silahkan Lihat Gambar berikut untuk lebih jelas Klik Disini. Setelah dipilih Project, maka dua prooject tersebut telah digabingkan dan kita dapat mengginakan class2 yang ada pada project yang tadi di gabung.

    semoga membantu

    BalasHapus
  5. Banyak terima kasih pak..
    Jawaban bapak sangat membantu saya. Nanti akan saya coba dirumah, selamat beraktifitas.

    BalasHapus
  6. iaa..saya jg mw menggabungkan 2 project, tp setelah dimasukkan ke library, gimana manggil class nya?

    tolong mas kasih tw coding nya??

    BalasHapus
  7. mas taopik sy mau tanya.
    saya pake netbeans 6.8 pertama kali pake lancar, tapi pas saya buka yg kedua kali, palletenya g bisa dibuka.
    itu kenapa ya kira2??
    thx

    BalasHapus
  8. Mmm, netbeans 6,8 ya, versi terbaru saat ini, biasanya semua itu terjadi karena ada beberapa requirement yang gak tersedia, coba baca kembali system requirementnya, klo saran saya pake aja netbeans versi 6.0 aja, selain lumayan ringan, juga selama ini belum ada masalah hehehe, keep move

    BalasHapus
  9. Maaf pak, mau tanya. Kalau cara menginstall plugin UML di Netbeans 7.1.2 gimana ya pak.?
    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus

Cari Artikel



 
Support : Admin
Copyright © 2013. Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger