Library untuk membuat Diagram (Chart) pada Aplikasi Berbasis Web | Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP
Home » , , , , , , » Library untuk membuat Diagram (Chart) pada Aplikasi Berbasis Web

Library untuk membuat Diagram (Chart) pada Aplikasi Berbasis Web

Dipostingkan Oleh Ridwan Labs pada Rabu, 27 Maret 2013 - Diupdate Pada: 3/27/2013

Penggunaan Sistem Informasi berbasis web (baik Java maupun PHP) sangat pesat. terutama dengan terus berkembangya teknologi saat ini. Sesuai dengan definisi Sistem informasi, sebuah sistem harus dapat memberikan informasi dan data yang diperlukan serinci mungkin, namun dalam form bentuk yang sesederhana mungkin.

Untuk menampilkan data, biasanya kita menggunakan Tabel sebagai media untuk menampilkan data, namun dalam tabel biasanya terdapat begitu banyak informasi yang menyebabkan (kadang-kadang) susah untuk di cerna. Untuk itu biasanya digunakan diagram sebagai alat menampilkan data. Diagram merupakan bentuk gambar yang menyatakan (berupa) data-data berfungsi menjelaskan , atau menerangkan sesuatu hal.

Library untuk membuat Diagram (Chart) pada Aplikasi PHP
Contoh Library dari www.highcharts.com/

Sebagai programmer (baik java maupun PHP) tentunya mau tidak mau kita dituntut untuk dapat mengakomodasi hal ini (menambahkan komponen Chart/Diagram pada Aplikasi). Untuk itu berikut ini saya berikan beberapa librari yang bisa digunakan untuk menambakan chart/diagram pada aplikasi Web (saya tidak sebutkan untuk aplikasi php, karena beberapa library yang saya sebutkan bisa juga digunakan untuk ASP, JSP, dan yang lainnya).

Saya tidak akan membahas secara semuanya, saya akan menyebutkan yang sering saya gunakan saja.

Library Diagram dengan Javascript

Google Chart Tools merupakan salah satu library favorit saya. selain karena penggunaannya yang cukup mudah, referensinya pun sangat lengkap. banyak sekali kelebihan dari library ini, supaya lebih jelas silahkan kunjungi langsung di https://developers.google.com/chart/



jqPlot merupakan salah satu library yang menggunakan JQuery sebagai penunjangnya. jqPlot menghasilkan garis yang indah, bar dan grafik pie dengan banyak fitur yang bisa di eksplor. Site: http://www.jqplot.com/


Wuih, librari yang satu ini saya rasa gak perlu panjang lebar menjelaskanya, pokok nya mantep deh, silahkan langsung kunjungi websitenya langsung http://www.highcharts.com/



Library Diagram dengan Flash 

Terus terang saya kurang suka menggunakan flash dalam aplikasi saya karena cukup memakan sumber daya. Namun Library yang satu ini membuat saya jatuh hati (hahaha), selain karena kemudahannya, diagram yang digasilkannya juga sangat menarik (eye catching). Site: http://teethgrinder.co.uk/open-flash-chart/

Site:  Klik Disini


Library Diagram dengan PHP

Berikut Beberapa Library yang menggunakan GD extension. (untuk menggunakan library ini GD extension nya harus di set aktif dulu)





Pada akhirnya selengkap apapun, semudah apapun, saran saya gunakannlah yang sesuai dengan aplikasi yang sedang kita kembangkan, dan yang dokumentasinya lengkap agar tidak menimbulkan kesulitan dikemudian hari.

Mudah-mudahan kedepan saya bisa posting bagaimana cara membuat/dan menggunakan library-library diatas.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini.
Share this article :

1 komentar:

Cari Artikel



 
Support : Admin
Copyright © 2013. Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan Java dan PHP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger